Guru SMA Pembangunan Laboratorium UNP

Pembelajaran dan Administrasi Pembelajaran

Peminatan/penjurusan di SMA Pembangunan Laboratorium UNP



Penjurusan adalah penempatan siswa / peserta didik dijurusan /peminatan yang sesuai dengan bakat dan minat yang dimiliki siswa.
di sma pembangunan laboratorium unp peminatan diawali dengan tes psikologis yang mengungkapkan potensi akademik yang dimiliki oleh peserta didik dibidang IPA, IPS dan Bahasa
dari hasil tes akan nampak kemana arah potensi siswa, kemudian hasil tes tersebut akan dicocokan dengan hasil belajar siswa di SMP semester satu, dua, tiga, empat dan lima. Biasanya jika tes itu valid, hasil belajar siswa tersebut akan seiring dengan hasl tesnya, jika hasil tesnya menunjukan siswa itu cendung ke IPA, maka hasil belajarnya juga akan lebih dominan nilai IPA nya, demikian juga dengan IPS atau Bahasa. akan tetapi ada kalanya hasil tes siswa tersebut cendrungnya ke IPA, IPS, Bahasa tetapi hasil belajarnya tidak memuaskan untuk semua kelompok jurusan tersebut..kemungkinan hal ini disebabkan ada masalah belajar yang dialami siswa tersebut. dalam hal ini biasanya diserahkan pada siswa, mau memilih jurusan yang mana. siswa tersebut dapat merasakan mana kecendrungan belajarnya.
menempatkan siswa dijurusan yang sesuai dengan potensi akademik yang dimilikinya, akabn sangat membantu sekali dalam proses belajar mengajar. materi pembelajaran akan mudah dipahami dan dikuasai oleh siswa. namun jika seorang siswa duduk dijurusan yang tidak sesuai dengan potensi yang dimilikinya... maka siswa tersebut akan mengalami kesulitan dalam pembelajaran dan merugikan dirinya sendiri.

Posting Komentar

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget