ANALISIS  KOMPETENSI
NAMA SEKOLAH               :     SMA Pembangunan Laboratorium UNP
MATA
PELAJARAN          :     Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti    
| 
NO | 
KOMPETENSI 
   DASAR | 
KELAS X | |
| 
SEMESTER | |||
| 
1 | 
2 | ||
| 
1 | 
1.1        Terbiasa
  membaca al-Qur’an dengan meyakini bahwa kontrol diri (mujahadah an-nafs),
  prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah) adalah perintah agama.
   | 
√ | |
| 
2.1        Menunjukkan
  perilaku kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan
  persaudaraan (ukhuwah) sebagai implementasi perintah Q.S. al- Hujurat/49: 10
  dan 12 serta Hadis terkait.  | |||
| 
3.1        Menganalisis
  Q.S. al-Hujurat/49: 10 dan 12 serta Hadis tentang kontrol diri (mujahadah
  an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah).  | |||
| 
4.1.1    Membaca
  Q.S. al-Hujurat/49: 10 dan 12, sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul
  huruf  
4.1.2    Mendemonstrasikan
  hafalan Q.S. al-Hujurat/49: 10 dan 12 dengan fasih dan lancar.  
4.1.3    Menyajikan
  hubungan antara kualitas keimanan dengan kontrol diri (mujahadah an-nafs),
  prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah) sesuai dengan pesan Q.S.
  al-Hujurat/49: 10 dan 12, serta Hadis terkait.   | |||
| 
2 | 
1.2     Meyakini bahwa pergaulan bebas dan zina adalah dilarang agama. | 
√ | |
| 
2.2     Menghindarkan diri dari pergaulan bebas dan perbuatan zina
  sebagai pengamalan Q.S. al-Isra’/17: 32, dan Q.S. an-Nur /24: 2, serta Hadis
  terkait. | |||
| 
3.2     Menganalisis Q.S. al-Isra’/17: 32, dan Q.S. an-Nur/24 : 2,
  serta Hadis tentang larangan pergaulan bebas dan perbuatan zina. | |||
| 
4.2.1
        Membaca Q.S. al-Isra’/17: 32, dan
  Q.S. an-Nur/24:2 sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf.  
4.2.2
        Mendemonstrasikan hafalan Q.S.
  al-Isra’/17: 32, dan Q.S. an-Nur/24:2 dengan fasihdan lancar.  
4.2.3
        Menyajikan keterkaitan antara
  larangan berzina dengan berbagai kekejian (fahisyah) yang ditimbulkannya dan
  perangai yang buruk (saa-a sabila) sesuai pesan Q.S. al-Isra’/17: 32 dan Q.S.
  an-Nur/24:2. | |||
| 
3 | 
1.3     Meyakini bahwa Allah Maha Mulia, Maha
  Mengamankan, Maha Memelihara, Maha Sempurna Kekuatan-Nya, Maha Penghimpun,
  Maha Adil, dan Maha Akhir  | 
√ | |
| 
2.3     Memiliki sikap keluhuran budi; kokoh pendirian,
  pemberi rasa aman, tawakal dan adil sebagai implementasi pemahaman al-Asmau
  al-Husna: Al-Karim, Al-Mu’min, Al-Wakil, Al- Matin, Al-Jami’, Al-‘Adl, dan
  Al-Akhir  | |||
| 
3.3     Menganalisis makna al-Asma’u al-Husna: al-Karim,
  al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir  | |||
| 
4.3      Menyajikan hubungan makna-
  makna al-Asma’u al-Husna: al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’,
  al-‘Adl, dan al-Akhir dengan perilaku keluhuran budi, kokoh pendirian, rasa
  aman, tawakal dan perilaku adil  | |||
| 
4 | 
1.4     Meyakini
  keberadaan malaikat-malaikat Allah Swt.  | 
√ | |
| 
2.4     Menunjukkan
  sikap disiplin, jujur dan bertanggung jawab, sebagai implementasi beriman
  kepada malaikat-malaikat Allah Swt.  | |||
| 
3.4     Menganalisis
  makna beriman kepada malaikat-malaikat Allah Swt.  | |||
| 
4.4     Menyajikan
  hubungan antara beriman kepada malaikat-malaikat Allah Swt. dengan perilaku
  teliti, disiplin, dan waspada.  | |||
| 
5 | 
1.5 Terbiasa berpakaian sesuai dengan syariat Islam  | 
√ | |
| 
2.5          Menunjukkan perilaku berpakaian sesuai dengan
  syariat Islam  | |||
| 
3.5          Menganalisis ketentuan berpakaian sesuai syariat
  Islam  | |||
| 
4.5          Menyajikan keutamaan tatacara berpakaian sesuai
  syariat Islam  | |||
| 
6 | 
1.6          Meyakini bahwa jujur adalah ajaran pokok agama  | 
√ | |
| 
2.6          Menunjukkan perilaku jujur dalam kehidupan
  sehari-hari  | |||
| 
3.6          Menganalisis manfaat kejujuran dalam kehidupan
  sehari-hari  | |||
| 
4.6          Menyajikan kaitan antara contoh perilaku jujur
  dalam kehidupan sehari-hari dengan keimanan  | |||
| 
7 | 
1.7          Meyakini bahwa menuntut ilmu adalah perintah Allah dan
  Rasul-Nya. | 
√ | |
| 
2.7          Memiliki sikap semangat keilmuan sebagai implementasi
  pemahaman Q.S. at-Taubah/9: 122 dan Hadis terkait. | |||
| 
3.7          Menganalisis semangat menuntut ilmu, menerapkan, dan
  menyampaikannya kepada sesama. | |||
| 
4.7          Menyajikan kaitan antara kewajiban menuntut ilmu, dengan
  kewajiban membela agama sesuai perintah Q.S. at-Taubah/9: 122 dan Hadis
  terkait. | |||
| 
8 | 
1.8     Meyakini al-Qur’an, Hadis dan ijtihad sebagai
  sumber hukum Islam  | 
√ | |
| 
2.8     Menunjukkan perilaku ikhlas dan taat beribadah
  sebagai implemantasi pemahaman terhadap kedudukan al-Qur’an, Hadis, dan
  ijtihad sebagai sumber hukum Islam  | |||
| 
3.8     Menganalisis kedudukan al-Qur’an, Hadis, dan
  ijtihad sebagai sumber hukum Islam  | |||
| 
4.8     Mendeskripsikan macam-macam sumber hukum Islam  | |||
| 
9 | 
1.9          Meyakini
  bahwa haji, zakat dan wakaf adalah perintah Allah dapat memberi kemaslahatan
  bagi individu dan masyarakat. | 
√ | |
| 
2.9          Menunjukkan
  kepedulian sosial sebagai hikmah dari perintah haji, zakat, dan wakaf.  | |||
| 
3.9          Menganalisis
  hikmah ibadah haji, zakat, dan wakaf bagi individu dan masyarakat. | |||
| 
4.9          Menyimulasikan
  ibadah haji, zakat, dan wakaf | |||
| 
10 | 
1.10  Meyakini
  kebenaran dakwah Nabi Muhammad saw di Makkah.  | 
√ | |
| 
2.10  Bersikap
  tangguh dan rela berkorban menegakkan kebenaran sebagai ’ibrah dari sejarah
  strategi dakwah Nabi di Makkah.  | |||
| 
3.10  Menganalisis
  substansi, strategi, dan penyebab keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw di
  Makkah.  | |||
| 
4.10  Menyajikan
  keterkaitan antara substansi dan strategi dengan keberhasilan dakwah Nabi
  Muhammad saw di Makkah | |||
| 
11 | 
1.11  Meyakini
  kebenaran dakwah Nabi Muhammad saw di Madinah. | 
√ | |
| 
2.11  Menunjukkan sikap semangat ukhuwah dan kerukunan sebagai ibrah
  dari sejarah strategi dakwah Nabi di Madinah. | |||
| 
3.11  Menganalisis
  substansi, strategi, dan keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw di Madinah. | |||
| 
4.11  Menyajikan
  keterkaitan antara substansi dan strategi dengan keberhasilan dakwah Nabi
  Muhammad saw di Madinah | |||
Mengetahui:                                                                           Padang,
  Mei  2019
Kepala Sekolah SMA Pembangunan                                      Guru
mata pelajaran
Laboatorium UNP
Drs. Yofrizal,
M.Pd                                                             Santi Sofia, S.Ag
NIP : 19620711
198603 1 004                                              
 
 
 
 
Posting Komentar
mantap..